Dengan berbagai perubahan yang diperkenalkan oleh Toyota Kijang Innova Zenix 2023 meningkatkan nilai mobil keluarga yang telah berkembang sejak tahun 1977 ini. Selain itu, mobil ini memiliki teknologi hybrid.
Bicara soal teknologi hybrid, bagaimana dengan penghematan bahan bakar (BBM) Toyota Kijang Innova Zenix 2023?
Menurut Anton Jimmi Suwanda, Marketing Manager PT Toyota Astra Motor (TAM), Kijang Innova Zenix 2023 terbaru bisa dibilang lebih irit dari sisi konsumsi bahan bakar berkat teknologi baru tersebut.Apalagi dibandingkan dengan mesin diesel.
Baca Juga :
Agya Dan Yaris Limusin mana yang cocok
All New Toyota Agya 2023 Lebih Elegant
Toyota meluncurkan Corolla baru dengan teknologi listrik hybrid generasi kelima
“Konsumsi mobil diesel tua sekitar 1 liter per 14 km. New (Kijang Innova Zenix) hanya menggunakan 1 liter bensin setiap 15 km. Bahkan hybrid 1 liter sekitar 21km,” ujarnya. ujar Anton saat peluncuran di salah satu hotel di kawasan Jakarta pada Senin, 21 November 2022.
Sementara itu, Wakil Presiden Direktur PT TAM mengatakan, penghematan bahan bakar Toyota Kijang Innova Zenix 2023 dengan mesin saat ini juga lebih irit 50 persen dibanding generasi sebelumnya.
“Kombinasi ini memberikan kontribusi penurunan emisi rata-rata hampir 50%,” katanya.
Bukan hanya soal penghematan bahan bakar, dengan penambahan baterai Nickel Metal Hydride (Ni-MH) dan motor listrik, Toyota Kijang Zenix 2023 berakselerasi jauh lebih baik daripada bensin atau solar.
“Jadi kami berharap konsumen bisa merasakan secara langsung keekonomisan dan performa mobil baru ini,” kata Anton.
Bobot Toyota Kijang Innova Zenix 2023 Lebih Ringan
Keunggulan Toyota Kijang Innova Zenix yang irit bahan bakar dan akselerasi tidak lepas dari peran pemanfaatan Toyota New Global Platform Architecture (TNGA): GA -C.
Bobot Toyota Kijang Innova Zenix 2023 juga berkurang 170 kg sehingga lebih ringan dari model sebelumnya.
Hasilnya, mobil yang diproduksi di pabrik PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) di Karawang, Jawa Barat dapat menawarkan kualitas berkendara yang lebih baik, sehingga konsumsi bahan bakar menjadi lebih efisien mengingat beban mesin yang ringan.
Modifikasi desain meningkatkan kenyamanan berkendara Toyota Kijang Innova Zenix 2023 di berbagai kondisi jalan. Ini secara intrinsik terkait dengan peran sistem suspensi penyangga MacPherson di depan dan balok torsi semi-independen di belakang.
Tak hanya itu, kenyamanan berkendara mobil ini juga dibantu dengan penerapan Electric Power Steering (EPS) yang didesain untuk memudahkan putaran setir pada kecepatan rendah maupun tinggi.
Faktor lain yang tak kalah penting adalah penggunaan transmisi continuous variable transmission (CVT) dan penggerak roda depan (FWD) yang masih cocok untuk Toyota Kijang Innova Zenix 2023 dan juga membuat mobil ini semakin irit.